Langkah Pengaduan Nasabah

Bank Indonesia | 05 August 2017

Jasa perbankan dalam melaksanakan kegiatan usaha kadangkala tidak selalu dapat memenuhi harapan para nasabah. Hal ini karena tidak dilaksanakannya kewajiban transparansi produk oleh bank. Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda dapat mengajukan keberatan kepada unit khusus yang menangani pengaduan nasabah yang ada di bank Anda.

Sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No.7/7/PBI/2005 dan diubah dalam PBI No.10/10/PBI/2008, bank berkewajiban melakukan penanganan atas pengaduan Anda, termasuk penyelesaiannya dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Standarisasi penyelesaian pengaduan nasabah ini merupakan salah satu bentuk peningkatan perlindungan konsumen dalam rangka menjamin hak-hak konsumen dalam berhubungan dengan bank.

Langkah Pengaduan Permasalahan Transaksi Keuangan

Pengaduan transaksi keuangan dapat diajukan kepada Bank dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dalam hal ini telah ditetapkan tatacara pengajuan, penerimaan dan penyelesaian pengaduan nasabah. Anda perlu memastikan agar memperoleh tanggapan bank dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Mekanisme Pengaduan Nasabah

Pengaduan dapat disampaikan kepada unit khusus yang menangani pengaduan nasabah di Bank Anda, baik secara lisan maupun tertulis. Pengajuan tersebut dapat dilakukan oleh Anda sendiri atau oleh orang lain yang telah diberikan kuasa, dengan membawa dokumen pendukung yang dipersyaratkan.