Perdana Menteri Jepang Sebut Investasi Indonesia Meningkat

Detik.com | 13 November 2017

Manilla - Tahun depan hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang sudah masuk ke tahun 60. Sebelum merayakan 60 tahun hubungan tersebut, kedua negara ini ingin mengadakan kegiatan bersama.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Shinzo Abe saat melakukan pertemuan di Hotel Diamond, Manila, Filipina, pada Minggu, (12/11).

Jokowi memberi apresiasi terhadap peningkatan investasi Jepang di Indonesia.

"Investasi hampir mencapai 90% pada 2016," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga menegaskan bahwa investasi di Indonesia sudah jauh membaik. Index 'ease of doing business' Indonesia contohnya telah naik atau meningkat, dari peringkat 114 pada tahun 2015 menjadi peringkat 72 di tahun 2017 ini. Bahkan, Indonesia juga telah mendapat 'investment grade' dari tiga lembaga pemeringkat internasional.

"Dengan situasi yang semakin baik ini saya berharap investasi Jepang pada 2017 akan dapat melampaui angka investasi tahun lalu," ungkapnya.

Shinzo Abe mengatakan bahwa kepemimpinan Presiden Jokowi telah berhasil memperbaiki iklim investasi.

"Terima kasih atas kepemimpinan Presiden Jokowi, iklim investasi di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan," katanya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala BKPM Thomas Lembong dan Dubes RI untuk Filipina Johny Lumintang.

 

#Hubungan_Diplomatik #Investasi #