BNI Ikut Bangun Papua dengan RKB dan Air Nav

Redaksi | 13 January 2018

Ayokebank.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) ikut mendukung pemerintah Papua untuk membangun ekonomi di daerah terpencil. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB). Hingga akhir Desember 2017, BNI telah membangun 6 RKB di Papua.

Hal ini dijelaskan oleh Corporate Secretary BNI, Kiryanto, Provinsi Papua dan Papua Barat yang telah dibangun RKB yaitu, RKB Jayapura, RKB Fak Fak, RKB Raja Ampat, RKB Biak Numfor, RKB Supiori dan RKB Kepulauan Yapen.

“RKB yang dibangun oleh BNI merupakan bentuk dukungan dalam mendorong peningkatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Papua,” ungkapnya, dlansir dari laman Infobank, Sabtu, (13/01).

Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi serta mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha UMKM dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan. RKB pada akhirnya juga dapat mengembangkan kapasitas pelaku UMKM menjadi bagian dari Digital Economy Ecosystem.

Sebagai informasi tambahan, BNI sampai Desember 2017 telah membangun 44 RKB dengan jumlah UKM berjumlah 164.178 UKM yang telah terdaftar di rkb.id. Sebanyak 1.123 UKM terdaftar di blanja.com dan telah menghasilkan 3.564 produk, 1.232 transaksi
dan Rp418,48 juta Gross Merchandise Value.

Tidak hanya itu, BNI juga mendukung Perusahan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Air Nav) dengan menyediakan lokasi penempatan peralatan navigasi penerbangan pada sebagian properti milik BNI di Papua. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ruang udara di Papua.