Ini Cara Menabung Dana Darurat Dengan Tepat

0
400

Mempersiapkan dana darurat adalah bagian penting dalam perencanaan keuangan dan sebaiknya tidak Anda lewatkan. Dana darurat bisa menjadi alternatif bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tanpa diduga, sehingga cara penyimpanannya juga perlu Anda perhatikan.

Bagaimana cara menghitung dana darurat? Berikut ini adalah rules of thumb dari besaran dana darurat yang perlu dikumpulkan:

Jika Anda masih single, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 3-4 kali dari pengeluaran bulanan. Jika Anda sudah menikah, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 6 kali dari pengeluaran bulanan. Jika Anda sudah menikah dan punya anak, maka kebutuhan dana darurat Anda adalah minimal di 12 kali dari pengeluaran bulanan.

Setelah menghitung dana darurat yang perlu Anda kumpulkan, yang bisa Anda lakukan setelahnya adalah memahami kondisi keuangan terkini. Memahami berapa jumlah pendapatan, pengeluaran serta profil risiko Anda setiap bulannya. Lalu, mengetahui cashflow Anda saat ini, sehingga Anda tahu berapa jumlah dana yang bisa disisihkan untuk menyiapkan dana darurat.

Untuk memahami lebih jauh tentang kondisi keuangan Anda, Anda bisa melakukan tes kesehatan finansial, Anda juga bisa membuat pembukuan atau mencatat cashflow keuanganmu secara khusus agar lebih mudah. Selain berfungsi untuk mengontrol pengeluaran apa saja yang penting dan tidak penting, hal ini juga sebagai salah satu cara mengumpulkan dana darurat dengan efektif.

dana darurat memang bukanlah hal yang mudah. Kuncinya adalah konsisten, dan mengetahui risiko profil masing-masing. Sebagai langkah pertama yang perlu dilakukan adalah cek kondisi finansial Anda, dengan begitu Anda dapat mengetahui anggaran keuangan dan catatan keuangan harian. Sehingga mengetahui berapa kemampuan per bulan. Bank mendukung masyarakat untuk #FinanciallyFit lewat layanan kesehatan finansial dari RuangMenyala.com dimana masyarakat secara umum bisa mengetahui kondisi pengelolan keuangan saat itu juga. Sehingga, Anda dapat menyisihkan dana darurat setiap bulan sesuai dengan rencana (goals) dan kondisi profil,” ujar Chinni Yanti Tjhin, Retail Proposition Division Head Bank .

Satu lagi yang perlu diingat bahwa dana darurat adalah cadangan keuangan yang harus ada saat Anda membutuhkannya. Sehingga, jika memilih menginvestasikan dana cadangan tersebut, pastikan memilih instrumen yang mudah dicairkan. Hal tersebut bisa membuat pengumpulan dana darurat lebih struktur, kita pun juga bisa menggunakan hasil dari tabungan atau kita. Contohnya hasil dari kita baik dalam maupun dalam mata uang asing. Nasabah dapat mencoba layanan FX investasi valas yang terintegrasi di ONe Mobile Bank OCBC NISP secara komprehensif. Melalui mobile banking ONe Mobile Anda bisa menumbuhkan alokasi dana darurat secara optimal melalui produk-produk investasi. (*)