Mau Liburan. Tergantung Budget atau Destinasi?

0
268
Ilustrasi liburan - foto hotelier

Musim akhir tahun sudah dekat, nih! Untuk kamu yang hobi travelling atau simply ingin healing, pasti sudah mulai memikirkan dan membuat perencanaan. Nah, pertanyaan awal yang mungkin muncul adalah, mana ya yang lebih baik, yang disesuaikan dengan , atau yang menyesuaikan rencana liburan?

Liburan yang cerdas tidak perlu menguras kantong kamu, kok. Hanya perlu rencana yang tepat untuk mencapai maximum healing, dan kesehatan finansial tetap terjaga. Pasalnya, menurut riset Financial Fitness Index 2023, sebanyak 35% anak muda Indonesia pernah melakukan pengeluaran besar yang impulsive (seperti travelling, nonton konser) dan 35% di antaranya menggunakan dana darurat. Akibatnya, sebanyak 12% anak muda masih memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan.

dulu, atau budget dulu? Sebenarnya keduanya bisa saja dilakukan, dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita bahas lebih lanjut.

Ketika budget menyesuaikan destinasi liburan
Kalau kamu adalah orang yang destination-oriented, atau kamu memang memiliki tempat impian untuk dikunjungi, tentunya destinasi menjadi hal yang pertama kamu tetapkan dan budget akan menyesuaikan.

Keuntungan dari perencanaan seperti ini adalah kamu bisa lebih leluasa dalam memilih tempat liburan. Setelah destinasi ditetapkan, kamu akan memiliki gambaran tentang berapa budget yang harus kamu siapkan. Tentunya, ini akan mempermudah kamu dalam atau menyisihkan uang, karena sudah ada target atau life goals yang ingin kamu capai.

Tapi, waktu yang kamu butuhkan bisa jadi lebih lama karena harus memiliki budget di angka tertentu. Bisa jadi kamu punya rencana healing dari sekarang, tapi baru bisa berangkat berbulan-bulan kemudian. Tapi, untuk pengalaman healing yang tak terlupakan, what's a little sacrifice, right?

Ketika destinasi liburan menyesuaikan budget
Kalau kamu adalah tipe orang yang lebih mengutamakan experience dibanding lokasi, atau kamu sudah merasa benar-benar butuh rekreasi, kamu bisa menyesuaikan budget dengan destinasi liburan kamu. Dengan begitu, kamu bisa membuat proyeksi, tempat mana yang bisa kamu kunjungi dengan budget yang sudah kamu miliki.

Keuntungan dari perencanaan ini tentunya kamu bisa cepat berangkat liburan. Karena budgetnya sudah ada, kamu bisa langsung beli tiket dan berangkat mungkin dalam hitungan hari. Tapi, tentunya tujuan kamu akan lebih terbatas, karena tidak semua destinasi yang kamu inginkan akan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Tapi, semua perjalanan adalah pengalaman baru, kan? Untuk kamu yang experience-oriented, perencanaan seperti ini bisa banget jadi pilihan kamu.

Nah, setelah mengetahui pertimbangan tersebut, saatnya mengambil keputusan mana yang sesuai buat kamu. Terlepas dari itu, tentunya adalah salah satu step awal yang bisa kamu lakukan, karena jangan sampai healing mengganggu kesehatan finansial kamu. Buat rencana yang sedetail mungkin, agar proyeksi liburan kamu lebih terukur dan terarah. Kamu bisa catat dan kelola sendiri rencana kamu, atau bisa juga dengan menggunakan layanan perbankan, seperti Fitur Life Goals yang ada di ONe Mobile Bank . Kamu bisa menghitung dan mensimulasikan berapa lama kamu harus menabung untuk bisa mengunjungi destinasi impian kamu.

Jadi, mau healing kemana nih, guys? Dengan perencanaan yang tepat, healing kamu bisa terus jalan, dan kesehatan finansial tetap aman.

Selamat merencanakan liburan, ya!

Sumber: Bank OCBC NISP