Sebelum Kredit Kendaraan, Timbang 3 Hal Ini

0
335
sebelum-ambil-kredit-kendaraan-bermotor-pertimbangkan-dulu-3-hal-ini

Saat ini ngambil kendaraan bermotor emang gampang banget. Kasih saja sekian, udah deh beres. Kendaraan bisa dibawa pulang. Apalagi motor. Banyak banget tuh di pinggir jalan dealer yang ngasih dengan nyebarin selebaran sambil ngundang biduan dangdut buat menarik perhatian.

Tapi jangan lengah, tetap harus hati-hati. Menurut Syarif Maulana melalui benefit.mandiri.co.id, di balik kemudahan itu, ada hal yang perlu dicermati. Kalau sampai kecolongan, bisa bahaya!

Makanya sebelum ambil kredit kendaraan bermotor, pertimbangkan dulu deh 3 hal berikut:

  1. Masalah DP
    DP yang kecil bukan berarti cicilan per bulan juga bakal kecil. Bisa saja sih DP dan cicilan kecil. Tapi periode pembayarannya bakal lama tuh. Jadi, lihat dulu deh skema cicilan sebelum ngasih duit buat bawa pulang kendaraan. Besaran DP ada aturannya, jadi nggak bisa sembarangan ditentuin.

Aturan ini berubah menurut kondisi pasar dan keuangan negara. Menurut Peraturan (PBI) No.17/10/PBI/2015, misalnya, DP kendaraan roda dua ditetapkan minimal 20 persen. Sedangkan kendaraan roda tiga ke atas 25 persen.

Semakin besar DP, maka bakal semakin ringan juga cicilan per bulan. Begitu juga sebaliknya. Jadi, kalau emang punya , alokasikan semaksimal mungkin buat DP biar angsuran gak memberatkan.